Mengetahui Beragam Harga Kayu di Batam

Harga kayu di Batam memang selalu mengalami perubahan sewaktu-waktu. Kayu pada dasarnya memang kebutuhan yang tidak bisa dielakkan oleh banyak orang, mengingat bahan pokok ini memang banyak digunakan untuk membangun rumah dan beragam bangunan lainnya. Pada umumnya, penggunaan bahan ini dikarenakan sifatnya yang tahan lama dan kokoh. Tak hanya itu, cara memperolehnya yang mudah juga menjadi alasan banyak yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar bangunan.

jual kayu di batam dilihat dari segi harga, kayu merupakan bahan dasar untuk memenuhi kebutuhan manusia yang bisa dibilang cukup terjangkau. Terdapat beragam harga kayu di Batam, antara lain kayu Jati dan Gaharu. Kayu jati merupakan kayu yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia, jenis kayu ini dipercaya bisa tumbuh sampai ratusan tahun lamanya. Jika dilihat dari fisiknya, kayu Jati memiliki ciri-ciri kulit permukaan berwarna hijau, daun yang lebar, dan tidak memiliki buah.

Namun yang perlu diketahui, harga kayu jati terbilang cukup mahal di pasaran. Tap hal ini tidak serta merta membuat kayu Jati kehilangan peminatnya, bahkan jenis kayu yang satu ini tetap menjadi primadona bagi orang-orang yang hendak menjadikannya bahan untuk mendirikan sebuah bangunan. Harga mahal yang dimiliki kayu yang satu ini berbanding lurus dengan ketahanannya yang cukup lama. Tak hanya itu, jati dipercaya memiliki daya tahan yang kuat dalam segala jenis cuaca.

Sama halnya dengan kayu Jati, harga kayu di Batam jenis Gaharu juga masih memiliki harga yang cukup tinggi. Tak hanya Gaharu yang sudah berbentuk papan, pohon Gaharu juga dipercaya sebagai salah satu jenis pohon yang memiliki harga termahal di dunia. Sehingga tak heran jika sudah berubah menjadi bentuk papan, harga kayu Batam jenis Gaharu memiliki harga jual yang lebih tinggi.

Selain digunakan untuk bahan mendirikan sebuah bangunan, jenis kayu Gaharu tak jarang digunakan sebagao bahan dasar untuk membuat wewangian. Hal tersebut dikarenakan aroma yang dikeluarkan oleh kayu Gaharu memiliki bau yang khas yang sejatinya tidak dimiliki oleh jenis kayu apapun, sehingga hal tersebut menjadi kelebihan serta keunikan dari jenis kayu yang satu ini. Yang menjadi kelebihan lainnya, kayu ini tak hanya dijadikan bahan dasar untuk membuat wewangian oleh masyarakat Indonesia. Namun juga banyak digunakan oleh masyarakat luar negeri, misalnya oleh orang-orang Arab.

Selain sebagai bahan dasar untuk mendirikan sebuah bangunan dan menjadi bahan sintesis beragam produk wewangian, aroma khas yang dikeluarkan oleh jenis kayu Gaharu ini juga banyak sekali digunakan dalam pembuatan shampo serta produk kosmetik. Kayu Gaharu juga dipercaya dapat menjadi obat untuk beragam penyakit, sperti penyakit ginjal, sesak nafas, serta hipertensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *